JIKA AKU MENJADI PEMIMPIN from setyawidi rahayu's blog

Sebuah negara, masyarakat, perusahaan atau bahkan organisasi kecil pun pasti ada pemimpin yang memimpin jalannya organisasi. Setiap pemimpin biasanya dipilih oleh anggotanya karena dia terlihat cakap dan mampu untuk menjalankan organisasi kedepannya.

Menurut saya, banyak sifat baik yang harus dimiliki seorang pemimpin dalam kepemimpinannya, karena pemimpin bukan hanya pemerintah atau pengatur dalam suatu organisasi, pemimpin adalah acuan , contoh dan juga teladan bagi anggotanya.

Beberapa sifatnya antara lain , pertama, bertanggung jawab, dalam setiap langkah suatu organisasi  yang di lakukan pasti ada resiko yang harus ditanggung, semua orang dalam lingkup organisasi memang diwajibkan untuk menanggungnya namun pemimpin lah yang pertama harus menyiapkan diri untuk menanggung resiko yang ada. Dan bukannya malah melarikan diri, lepas tangan dari persoalan yang ada.

Kedua, mental yang kuat, suatu organisasi baik besar maupun kecil pasti ada masalah yang melanda organisasi tersebut, dibutuhkan pemimpin yang memiliki ketahanan mental kuat yang siap mengayomi membangkitkan semangat anggotanya agar dapat bersama sama mencari jalan keluar sehingga masalah cepat terselesaikan dan organisasi dapat berjalan seperti semula.Dan bukannya malah lebih terpuruk dari bawahannya.

Ketiga, patuh kepada tuhan, apapun keyakinannya, setiap pemimpin harus tetap membimbing anggotanya untuk melibatkan tuhan dalam kehidupan sehari hari, mengajak tidak melupakan kewajiban sebagai mahkluk ciptaan tuhan.

Keempat, jujur dan amanah, dalam kepemimpinannya setiap pemimpin harus menerapkan kejujuran dalam organisasinya, memberikan informasi sebenarnya yang mencakup kepentingan kelompok. Pemimpin juga harus amanah, menjalankan tugas sepenuh hati menjalankan kewajiban semestinya seperti janjinya terdahulu.

Kelima, peduli, pemimpin tidak boleh tak acuh pada anggotanya, pemimpin harus bisa memberi rasa aman pada anggotanya hingga anggotanya tidak sungkan untuk menceritakan masalah yang dihadapi dalam organisasi, itu membuat kecil kemungkinan untuk anggotanya mengundurkan diri di tengah jalan. Pemimpin juga tidak boleh membedakan tingkat kepeduliannya antara anggota satu dengan yang lainnya.

Pemimpin bukan hal yang digunakan untuk ajang permainan, percobaan atau ajang mencari kepopuleran. Pemimpin memang harus di hormati tapi bukan berarti pemimpin bertingkah semena mena pada bawahannya.Pemimpin adalah panutan.

Jika saya diberi kesempatan menjadi seorang pemimpin, saya ingin menjadi pemimpin suatu gerakan amal. Menolong orang yang membutuhkan seperti orang tidak mampu, cacat, atau sebatang kara. Membantu sesama. Juga ikut turut bahu membahu meringankan beban orang yang terkena musibah. Karena sejatinya, manusia diciptakan untuk mengasihi manusia sesamanya.

 

Saya juga ingin memimpin beberapa kampanye kemanusiaan, seperti sosialisasi pada orang-orang yang terserang deperesi karena melihat akhir-akhir ini semakin banyak orang yang mengakhiri hidup mereka secara instan karena persoalan hidup yang beragam. Ingin meyakinkan orang-orang tersebut bahwa mereka hidup tidak sendiri dan pasti ada jalan keluar dari masalah yang mereka hadapi, juga memotivasi agar tetap berusaha melanjutkan kehidupan dengan tidak menyalahkan diri mereka apabila rencana yang disusun tidak berjalan mulus, mengajak mereka untuk tetap mencintai diri dan hidup mereka.

Mensosialisasikan gerakan anti bullying, termasuk bullying pada diri sendiri. Dan gerakan anti kekerasan pada wanita dan anak anak  yang menjadi salah satu persoalan besar negri ini.

Menjadi pemimpin memang bukan perkara mudah, namun saya akan berusaha dan mau belajar agar cita cita saya dapat terwujud dengan tetap menjunjung nilai nilai kepemimpinan yang baik. Dengan harapan untuk menjadikan suatu perubahan ke arah lebih baik pada bidang yang saya ingin pimpin.

Sekian, terimakasih.

 


     Next post
     Blog home

The Wall

No comments
You need to sign in to comment

Post

By setyawidi rahayu
Added Aug 1

Rate

Your rate:
Total: (0 rates)

Archives