JIKA AKU MENJADI PEMIMPIN from Hana Devi Krismawati's blog

 

Dalam islam, definisi pemimpin adalah imam atau khalifah yang diberikan amanah dan tanggung jawab yang besar dalam mengarahkan, mengkomandani umat, jamaah ataupun koloninya agar bisa mancapai tujuan dalam persatuan. Tapi menurut saya, pemimpin adalah penentu keberhasilan. Tidak akan ada suatu keberhasilan atau pencapaian tertentu tanpa seorang pemimpin. Maka dari itu diperlukan pemimpin yang tangguh dan hebat.

Walaupun secara keseluruhan pemimpin bukanlah kunci utama, tapi secara garis besar pemimpin adalah penentu keberhasilan yang akan membawa anggotanya dalam mencapai tujuan bersama. Pemimpin yang baik tau, bagaimana menentukan,  mengarahkan, dan mengambil kepuutusan yang terbaik untuk mendapatkan hasil yang terbaik untuk seluruh anggotanya. Pemimpin yang baik tahu kapan harus mendukung dan memastikan setiap anggotanya mendapatkan pengayoman.

Peran pemimpin beraneka ragam, di antaranya adalah sebagai penggerak, motivator, inspirator, penunjuk arah, menyatukan, pelindung, pengayom, penolong, pembagi kasih sayang, mencukupi serta mensejahterakan, dll. Tugas pemimpin dengan demikian memang banyak dan berat. Semua peran itu akan dipertanggung jawabkan, baik di hadapan manusia yang dipimpinnya maupun dihadapan Tuhan kelak.

Siapa yang tidak mau menjadi seorang pemimpin? Semua orang ingin menjadi “kepala” bukan “ekor”. Hanya orang yang tidak mau maju dan malas yang hanya ingin menjadi “rata-rata” bahkan hanya “mengekor” saja. Sudah menjadi keinginan manusia untuk dihormati dan diakui. Menjadi pemimpin adalah salah satu cara untuk mendapatkan keduanya. Pemimpin juga merupakan pilar terbesar yang membuat suatu organisasi tetap berdiri kokoh.

Menjadi pemimpin bukanlah hal simple dan gampang. Cerminan dari suatu organisasi adalah dari pemimpinnya itu sendiri. Pemimpin yang akan menentukan kemana arah organisasi itu kelak. Seorang pemimpin harus memiliki visi misi yang jelas, cekatan, tanggap, cerdik, tenang, dan dapat mengambil keputusan secara cepat dan tepat dan dapat dipertanggung jawabkan.

Jika saya menjadi pemimpin, pertama-tama saya akan menjadi pemimpin bagi diri sendiri. Mengatur, mengarahkan diri sendiri untuk selalu bersikap disiplin, penuh tanggung jawab dalam lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, maupun lingkungan masyarakat.

Setelah saya yakin dapat menjadi pemimpin untuk diri sendiri, barulah saya akan yakin dapat menjadi pemimpin bagi orang lain. Setelah saat itu tiba saya akan menjadi pemimpin yang tidak hanya dihormati tetapi juga disegani oleh semua anggota organisasi. Saya ingin menjadi pemimpin yang tau kapan harus mendengarkan dan tau kapan harus berbicara dan didengar oleh anggota. Saya ingin menjadi pemimpin yang membawa organisasi ke arah yang lebih maju dan menjadi organisasi yang lebih baik.

Saya ingin menjadi seseorang yang memiliki jiwa yang besar yang dapat menerima segala kritikan dan menjadikannya sebagai bahan untuk memperbaiki supaya menjadi diri yang lebih baik dan membuat organisasi menjadi lebih baik. Saya juga ingin memiliki kerendahan hati agar dapat mengakui kesalahan yang saya perbuat dan menyadarinya serta menjadikannya sebagai bahan untuk evaluasi agar di waktu mendatang tidak mengulangi kesalahan itu lagi. Saya juga ingin membuat setiap anggota berperan aktif dalam organisasi membiasakan jiwa demokrasi menjadi kebiasaan positif yang terus dijunjung oleh organisasi. Menjamin bahwa hak dan kewajiban setiap anggota berjalan secara seimbang.

Jika saya menjadi pemimpin saya ingin menjadi seorang penentu keberhasilan. Jika saya menjadi pemimpin saya ingin memberikan yang terbaik dari yang terbaik untuk mendapatkan hasil yang paling baik. Saya juga ingin menciptakan pemimpin-pemimpin yang lain, seperti kata Tom Peters “Pemimpin tidak menciptakan pengikut; pemimpin itu menciptakan lebih banyak pemimpin”.

Stop say “I will do my best” and start say “I do my best”


     Next post
     Blog home

The Wall

No comments
You need to sign in to comment

Post

By Hana Devi Krismawati
Added Aug 1

Tags

Rate

Your rate:
Total: (0 rates)

Archives