Essay "Jika Aku menjadi Pemimpin" from Anisya Dwi Septya Ningrum's blog

Jika Aku Menjadi Pemimpin


            Menjadi seorang pemimpin? Menurutku itu adalah hal yang sangat sulit. Mengapa? Karena seandainya kita menjadi seorang pemimpin banyak hal yang harus kita pikul dipundak kita. Seperti contohnya, menentukan jalannya suatu organisasi tersebut, sasaran-sasaran yang ingin dicapai baik dalam atau luar organisasi, maupun kesempatan dan resiko yang akan dihadapi nanti. Pemimpin adalah seorang ahli strategi yang memastikan bahwa sasaran yang akan dicapai organisasi tersebut tepat pada sasarannya. Dalam hal ini, aspek - aspek seperti perubahan sosial yang terjadi, perkembangan teknologi, dan kompetensi merupakan tantangan yang harus dihadapi oleh seorang pemimpin. Oleh karena itu, menjadi seorang pemimpin harus memiliki potensi seorang pemimpin. Seperti kutipan yang terdapat di Hadist Nabi Muhammad SAW : “ Apabila suatu pekerjaan tidak dipegang oleh ahlinya, tunggulah kehancurannya.” Sepeti halnya dengan ini, apabila ingin menjadi seorang pemimpin hanya karena ingin dipuji, ingin dihormati, hanya modal jabatan saja, tentunya ini sangat berdampak buruk bagi organisasi tersebut dan membuat organisasi tersebut diambang kehancuran.

            Untuk menjadi seorang pemimpin tidak hanya itu saja yang harus ditekuni, tetapi pemimpin juga harus bisa mempengaruhi anggotanya. Kinerja anggota akan menjadi baik jika pemimpinnya bisa memberikan contoh yang baik pula. Seperti kutipan dalam Buku Prilaku Organisasi (1983 : 255) karya Miftha Thoha, “Pemimpin adalah seseorang yang memiliki kemampuan memimpin, artinya memiliki kemampuan untuk mempengaruhi orang lain atau kelompok tanpa mengindahkan bentuk alasannya.” Dan juga, seorang pemimpin harus memiliki fungsi manajemen POAC, yaitu Plaining, Organising, Actuating, dan controlling. Agar semua kinerja dalam organisasi tersebut berjalan sesuai yang diinginkan.

            Seandainya aku dikemudian hari bisa menjadi seorang pemimpin, tentu itu akan menjadi suatu kebanggaan bagiku, karena diberi kepercayaan yang sangat besar untuk menjadi seorang pemimpin. Agar dapat menjadi seorang pemimpin yang sesuai karakteristik seorang pemimpin yang benar, aku akan menganut prinsip yang pernah dituturkan oleh Ki Hajar Dewantoro, yaitu yang pertama Ing Ngarsa sung Tuladhan artinya yaitu bahwa aku seorang pemimpin harus bisa memberi contoh yang baik kepada anggotaku. Misalnya, cara aku mengatasi masalah yang dihadapi organisasi, sejauh mana aku bisa berkomitmen terhadap organisasi yang aku pegang, sejauh mana aku memprioritaskan kepentingan organisasi daripada kepentingan pribadiku. Oleh karna itu, sebisa mungkin aku harus bisa menumbuhkan karismatik yang ada didiriku. Seorang pemimpin harus berkarismatik, agar dapat mudah menjalankan peran ini sebagai pemimpin. Karena, karisma seorang pemimpin yang benarlah yang dapat menginspirasi para anggotanya. Yang kedua yaitu Ing Madya Mangun Karsa artinya adalah aku harus bisa menempatkan diri ditengah - tengah anggota sebagai pemberi semangat dan motivasi agar anggotaku dapat mencapai kinerja yang lebih baik. Dan yang terakhir adalah Tut Wuri Handayani artinya adalah aku dituntut harus mampu memberikan arahan atau petunjuk untuk kemajuan organisasi yang aku pimpin. Aku harus bisa mengarahkan usaha anggota – anggota yang aku pimpin agar sejalan dengan visi dan misi yang telah dibuat diawal organisasi ini dibentuk. Seperti contohnya, aku  tidak bisa begitu saja mendorong dan mengarahkan perilaku anggota untuk sesuai dengan nilai – nilai organisasi yang aku pimpin, tapi aku juga harus memberi contoh yang nyata bagaimana nilai – nilai organisasi dapat tertanam didiri anggota.

            Menurutku, 3 prinsip yang dituturkan Ki Hajar Dewantoro jika diterapkan dengan baik dan sesuai, akan menjadikan pemimpin yang masuk dalam karakteristik pemimpin yang baik. Karena 3 prinsip tersebut sudah memenuhi syarat seorang pemimpin hebat. Itulah secuil gambaran yang ada diotakku harus seperti apa seorang pemimpin itu dan apa yang akan aku lakukan jika aku diberi kesempatan untuk menjadi seorang pemimpin.


Terimakasih sudah menyempatkan membaca.


     Next post
     Blog home

The Wall

No comments
You need to sign in to comment

Post

By Anisya Dwi Septya Ningrum
Added Jul 31

Tags

Rate

Your rate:
Total: (0 rates)

Archives