Jika Aku Menjadi Pemimpin from Naura Zerlinda's blog

Pemimpin adalah pribadi yang memiliki kecakapan dan kelebihan, khususnya kecakapan atau kelebihan di satu bidang sehingga dia mampu mempengaruhi orang di sekitar untuk melakukan suatu hal tertentu demi pencapaian satu atau tujuan tertentu. Fungsi pemimpin bukan hanya sebagai pemimpin yang dicontoh tetapi juga sebagai monitor atau penyebar informasi dan juru bicara dan juga pembuat keputusan, penanganan dan negosiator.

Dalam suatu organisasi kepemimpinan merupakan faktor yang sangat penting dalam menentukan pencapaian tujuan yang telah ditetapkan oleh organisasi. Kepemimpinan merupakan titik sentral dan penentu kebijakan dalam kegiatan yang akan dilaksanakan dalam organisasi. Di dalam kepemimpinan pembagian kekuasaan dan proses mempengaruhi bawahan oleh pemimpin dan adanya tujuan bersama yang harus dicapai.

 Menjadi pemimpin yang baik bukanlah mudah. Pemimpin yang baik bukanlah pemimpin yang keras, yang suka marah dan yang ditakuti. Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang mampu memimpin pengikutnya mencapai suatu tujuan tertentu.

 Apalagi dalam kondisi politik di Indonesia saat ini yang mendominasi wacana di media layaknya gula yang sedang dikelilingi semut, seperti itulah media yang memberitakan kondisi politik di Indonesia. Saat ini kondisi politik yang justru saling memperebutkan kekuasaan. Para pejabat yang telah mendapatkan kekuasaan telah melupakan janji-janji yang dulu dibuat untuk memperoleh kekuasaan.

Jika saya menjadi seorang pemimpin saya akan mejadi pemimpin yang memiliki loyalitas yang tinggi dalam bentuk kebaikan serta mampu dalam membangkitkan loyalitas rekan kerjanya sehingga tidak akan timbul pengkhianatan terhadap rekan sesamanya dan korupsi pada institusi ataupun pada negaranya sendiri. Saya akan berusaha untuk mengedukasi rekan-rekannya untuk membangun Indonesia agar menjadi Negara yang lebih baik, baik dalam bidang ekonomi, politik, sosial budaya, pariwisata, perdagangan, dll tanpa pamrih serta menanamkan rasa nasionalisme yang tinggi.

Pemimpin adalah tanggung jawab dan mempertanggungjawabkan atau akontabilitas maka dari itu, saya akan berusaha untuk menyusun dan menjalankan tugas, mengadakan evaluasi untuk mencapai outcome yang terbaik, saya akan menyeimbangkan pencapaian tujuan dan prioritas. Saya akan berpikir secara analitis dan konseptual agar dapat mengidentifikasi masalah dengan akurat sehingga dalam menguraikan seluruh pekerjaan menjadi lebih jelas dengan yang lainnya.

Di dalam Islam seorang pemimpin haruslah memiliki sifat Siddiq, intelektualitas tinggi dan terjaga dari kesalahan. Pemimpin ibarat seorang nahkoda bagi sebuah kapal atau pilot untuk pesawat terbang. Keterbukaan menjadi sikap yang penting untuk menyelamatkan tim dalam kondisi genting. Semakin terbuka seorang pemimpin semakin mudah anggota tim untuk menyampaikan opini atau masukkannya, sifat seperti ini lah yang akan saya kembangkan sebagai bahan bakar yang bagus untuk tumbuh kembang suatu negara.

Komunikasi yang baik juga menjadi dasar yang baik untuk tim start up. Sebagai pemimpin, diperlukan skill khusus dalam komunikasi, dilengkapi dengan pemikiran terbuka pemimpin akan menjadi jembatan yang baik yang bias mengordinir segala jenis pemikiran dari setiap anggota tim. Kemampuan ini akan membantu saya dalam membangun fondasi tim yang lebih produktif.

Dari keterangan saya diatas, dapat disimpulkan hal yang akan saya lakukan adalah menanamkan dan melestarikan sifat loyal kepada diri saya dan rekan-rekan saya agar mengembangkan negara  secara maksimal, saya akan tanggung jawab dalam menjalankan tugas, berusaha untuk transparan dalam menjalankan amanah, dan mengembangkan social skill agar proses komunikasi antar masyarakat serta para pemimpin negaranya tidak terjadi kesalahpahaman dalam pencapaian suatu tujuan.


     Next post
     Blog home

The Wall

No comments
You need to sign in to comment

Post

By Naura Zerlinda
Added Jul 31

Rate

Your rate:
Total: (0 rates)

Archives